You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
3-5 Februari Jakarta Dikepung Hujan Deras dan Air Pasang
.
photo doc - Beritajakarta.id

Waspada Curah Hujan Tinggi dan Rob Awal Februari

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan tinggi dan rob atau air laut pasang akan terjadi pada tanggal 3-5 Februari mendatang. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan berbagai persiapan seperti memperkuat tanggul di pesisir utara Jakarta dan memperbaiki pompa-pompa air.

Kita perkuat tanggul di Sunter dan Kelapa Gading, begitu juga dengan pompa-pompanya

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saifullah, mengatakan, semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait diinstruksikan untuk saling berkoordinasi. Pasalnya, penanganan banjir di ibu kota melibatkan beberapa SKPD. Kendati demikian, pihaknya percaya diri bahwa Jakarta sudah siap untuk menghadapi banjir kali ini.

“Kalau dibilang percaya diri, kita lagi pede banget. Bahkan nanti diprediksi hujan akan terjadi pada tanggal 3 Februari, terus tanggal 5 Februari air pasang lagi tinggi-tingginya. Kita perkuat tanggul di Sunter dan Kelapa Gading, begitu juga dengan pompa-pompanya,” kata Saefullah, di Balaikota Selasa (27/1).

DKI akan Beli Pompa Berdaya Sedot Besar

Dikatakan Saefullah, berdasarkan laporan yang diterimanya, dua pompa yang rusak telah selesai diperbaiki. Ssementara satu pompa lagi masih dalam perbaikan. "Semua pompa akan disiagakan. Kalau air sudah terlihat tinggi langsung dipompa," ucapnya.

Kepala Dinas Tata Air, Agus Priyono, mengatakan, pihaknya terus melakukan kontrol terhadap pompa penyedot air yang ada di ibu kota. Pompa yang ada saat ini sebanyak 555 unit dan tersebar di lima wilayah kota. "Di Jakarta Utara jumlah pompanya mencapai 45 unit, dengan kapasitas besar," kata Agus.

Selain, menyiagakan pompa-pompa, berbagai peralatan untuk antisipasi banjir yang akan terjadi juga telah disiapkan. Seperti karung pasir, batu kali, bronjong, dan alat berat untuk mengantisipasi ada tanggul yang jebol. "Itu semua sudah kita siapkan, jika nantinya ada tanggul jebol," ujarnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1137 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1014 personAldi Geri Lumban Tobing